RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan ke :
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi Dasar
1.3 Mengidentifikasi benua-benua.
I.
Indikator Pembelajaran
Siswa dapat :
1. Mendeskripsikan batas-batas Benua
Asia melalui peta
2. Mendeskripsikan beberapa ras di
Benua Asia
3. Mendeskripsikan keadaan alam di
Benua Asia
4. Membandingkan iklim negara-negara
Asia
5. Mendeskripsikan kembali pembagian
wilayah negara-negara di Asia dan ibukotanya
II.
Bahan
Ajar
- Buku BSE kelas VI KTSP
- Peta Dunia
III.
Materi Pembelajaran
Benua Asia
IV.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah.
- Tanya Jawab.
- Diskusi.
V.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengucapkan salam
-
Guru memimpin do’a bersama
-
Guru
menjelaskan tujuan setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran maka siswa akan memahami Benua Asia. Pengetahuan tersebut bermanfaat untuk
menyelesaikan soal-soal di sekolah. Selain itu juga bermanfaat saat
berkunjung ke negara di berbagai dunia.
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
F
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Mendeskripsikan dan menuliskan batas-batas Benua Asia melalui peta
-
Mendeskripsikan dan menuliskan beberapa ras di Benua Asia
-
Mendeskripsikan dan menuliskan keadaan alam di Benua Asia
-
Membandingkan dan menuliskan iklim negara-negara Asia
-
Mendeskripsikan dan menuliskan kembali pembagian wilayah negara-negara
di Asia dan ibukotanya
F
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F
memfasilitasi
siswa untuk meningkatkan daya pikir analisis.
F
memfasilitasi
siswa untuk berdiskusi dengan siswa yang lainnya.
F
memfasilitasi
siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar dengan
memberikan reward berupa poin.
F
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, :
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa.
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan.
|
60 menit
|
Kegiatan penutup
|
-
Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes.
-
Siswa
mengerjakan tes secara mandiri.
- Guru memberikan motivasi pada siswa untuk terus meningkatkan prestasi belajar.
- Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam.
|
15
menit
|
VI.
Penilaian
Soal tes.
(1)
Apa yang dimaksud dengan Eurasia?
(2)
Batas sebelah selatan Benua Asia adalah ….
(3)
Tuliskan tiga ras yang ada di Asia!
(4)
Gurun terluas di Asia adalah ….
(5) Tuliskan negara-negara di Asia
Timur!
............, ......................20 ...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Pengajar Mapel IPS
.................................. ..................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar