RPP kelas 6 KTSP semester 1 Benua Asia

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :  
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / I
Alokasi Waktu             :   2 x 40 menit
Pertemuan ke              :  
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan  keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi Dasar
1.3  Mengidentifikasi benua-benua.

I.                   Indikator  Pembelajaran
Siswa dapat :
1.    Mendeskripsikan batas-batas Benua Asia melalui peta
2.    Mendeskripsikan beberapa ras di Benua Asia
3.    Mendeskripsikan keadaan alam di Benua Asia
4.    Membandingkan iklim negara-negara Asia
5.    Mendeskripsikan kembali pembagian wilayah negara-negara di Asia dan ibukotanya

II.                Bahan Ajar
-    Buku BSE kelas VI KTSP
-    Peta Dunia

III.             Materi Pembelajaran
            Benua Asia

IV.             Metode Pembelajaran
-    Ceramah.
-    Tanya Jawab.
-    Diskusi.


V.                Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
-   Guru mengucapkan salam
-    Guru memimpin do’a bersama
-    Guru menjelaskan tujuan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran maka siswa akan memahami Benua Asia. Pengetahuan tersebut bermanfaat untuk menyelesaikan soal-soal di sekolah. Selain itu juga bermanfaat saat berkunjung ke negara di berbagai dunia.
5 menit



Kegiatan inti
F Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-      Mendeskripsikan dan menuliskan batas-batas Benua Asia melalui peta
-      Mendeskripsikan dan menuliskan beberapa ras di Benua Asia
-      Mendeskripsikan dan menuliskan keadaan alam di Benua Asia
-      Membandingkan dan menuliskan iklim negara-negara Asia
-      Mendeskripsikan dan menuliskan kembali pembagian wilayah negara-negara di Asia dan ibukotanya

F Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F memfasilitasi siswa untuk meningkatkan daya pikir analisis.
F memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dengan siswa yang lainnya.
F memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar dengan memberikan reward berupa poin.
F Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

60 menit



Kegiatan penutup
-   Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes.
-   Siswa mengerjakan tes  secara mandiri.
-    Guru memberikan motivasi pada siswa untuk terus meningkatkan prestasi belajar.
-   Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam.
15    menit


VI.             Penilaian
Soal tes.
(1)   Apa yang dimaksud dengan Eurasia?
(2)   Batas sebelah selatan Benua Asia adalah ….
(3)   Tuliskan tiga ras yang ada di Asia!
(4)   Gurun terluas di Asia adalah ….
(5)   Tuliskan negara-negara di Asia Timur!
                                                                                       


                                                                                        ............, ......................20 ...
         Mengetahui,                                                                             
         Kepala Sekolah                                                    Pengajar Mapel IPS



          ..................................                                            ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar