RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan ke :
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan
wilayah Indonesia kenampakan alam dan keadaan sosial
Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi Dasar
1.3 Mengidentifikasi
benua-benua.
I.
Indikator Pembelajaran
Siswa dapat :
1. Menyebutkan ibukota negara-negara di Benua Asia
2. Menyebutkan kembali kepala negara di Benua Asia
3. Menyebutkan kembali nama mata uang beberapa negara di
Benua Asia
4. Menyebutkan lagu kebangsaan beberapa negara di Benua Asia
5. Menyebutkan bahasa nasional yang digunakan beberapa negara
di Benua Asia
6. Menyebutkan mayoritas agama yang dianut beberapa negara di
Benua Asia
7. Mendeskripsikan hal-hal penting negara-negara di Benua
Asia
II.
Bahan Ajar
- Buku BSE kelas VI
KTSP
- Peta Asia
III.
Materi Pembelajaran
Beberapa
negara di Benua Asia
IV.
Metode Pembelajaran
- Ceramah.
- Tanya Jawab.
- Diskusi.
V.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan
Pembelajaran
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengucapkan salam
-
Guru memimpin do’a bersama
-
Guru menjelaskan tujuan setelah mengikuti
kegiatan pembelajaran maka siswa akan memahami Benua Asia. Pengetahuan tersebut bermanfaat untuk
menyelesaikan soal-soal di sekolah. Selain itu juga bermanfaat saat
berkunjung ke negara
di berbagai dunia.
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
F
Eksplorasi
Dalam kegiatan
eksplorasi, guru:
-
Menyebutkan dan membuat tabel ibukota
negara-negara, kepala negara, nama mata uang beberapa negara di Benua Asia, lagu
kebangsaan beberapa negara, bahasa nasional yang digunakan beberapa negara di
Benua Asia.
-
Menyebutkan dan menuliskan mayoritas
agama yang dianut beberapa negara di Benua Asia
-
Mendeskripsikan dan menuliskan
hal-hal penting negara-negara di Benua Asia
F
Elaborasi
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
F
memfasilitasi siswa untuk meningkatkan daya pikir analisis.
F
memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dengan siswa yang lainnya.
F
memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi
belajar dengan memberikan reward
berupa poin.
F
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, :
F
Guru bertanya jawab
tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F
Guru bersama siswa
bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan.
|
60 menit
|
Kegiatan penutup
|
-
Guru melakukan evaluasi
dengan memberikan tes.
-
Siswa mengerjakan tes secara
mandiri.
-
Guru memberikan motivasi
pada siswa untuk terus meningkatkan prestasi belajar.
-
Guru menutup pembelajaran
dan mengucapkan salam.
|
15 menit
|
VI.
Penilaian
Soal tes.
(1)
Mata uang Tiongkok adalah ….
(2)
Julukan Jepang adalah ….
(3)
Ibu Kota India adalah ….
(4)
Mata uang Korea Selatan adalah ….
(5) Agama mayoritas penduduk
Pakistan adalah ….
............,
......................20 ...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Pengajar Mapel IPS
.................................. ..................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar