Pendakian Semeru

       Semeru merupakan gunung yang memiliki daya tarik tersendiri bagi para pecinta keindahan alam. Pesona dari ketinggian 3676 mdpl memberikan kententraman menghayati keindahan alam di Lumajang, Jawa Timur. Gunung Semeru merupakan bagian dari TNBTS (Taman Nasional Bromo Tengger Semeru). Untuk mendaki ke sana ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan matang.
         Jika anda dari luar kota maka anda bisa menuju Malang dengan alternatif transportasi kereta api. Tiba di Malang anda bisa sewa angkot menuju Pasar Tumpang, harganya cukup terjangkau apalagi jika anggota kelompok anda jumlahnya mencapai 8 orang cukup murah dan nyaman karena masih  bisa simpan beberapa keril.

        Tiba di Pasar Tumpang anda bisa mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan untuk masuk kawasan Gunung Semeru. Lanjut sewa Jeep di basecamp Pasar Tumpang. Harga sewa Jeep tahun 2014 itu Rp.650 Ribu sekali jalan. Satu Jeep nyaman untuk enam penumang. Perjalanan menuju Ranu Pani memerlukan waktu sekitar 2 jam.
Tiba Ranu Pani anda sudah dekat dengan pintu masuk pendakian. setelah mengikuti breafing dari pengelola setempat, anda sudah bisa memulai pendakian. Dari Ranu Pani ke Ranu Kumbolo anda butuh waktu sekitar 6 jam perjalanan santai termasuk istirahat yang cukup.



Suhu di Ranu Kumbolo pada malam hari sangat dingin, perlengkapan baju anti dingin sangatlah penting. Dari Ranu Kumbolo anda melnajutkan perjalanan menuju Tanjakan Cinta, tanjakan dengan kemiringan luar biasa. Anda bisa melewati Tanjakan Cinta kurang lebih 15 menit, tergantung stamina anda. Selesai melewati Tanjakan Cinta anda akan melihat Sabana Oro-Oro Ombo.

Waktu yang dibutuhkan untuk melewati sabana ini tidak terlalu lama, sekitar 30 Menit saja. Setelah itu anda bisa istirahat di Cemoro Kandang.
Di Cemoro Kandang anda bisa bertemu pedagang cemilan dan semangka. Cukup untuk menambah perbekalan atau sekedar ngemil saja. Cemoro Kandang berada di ketinggian 2500 mdpl. Perjalanan selanjutnya menuju Jambangan treknya mudah sedikit ada tanjakan namun ada bonus turunan juga. Waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1,5 jam.
Saat anda sudah mencapai Jambangan itu artinya sebentar lagi tiba di Kalimati, sekitar 20 Menit anda sudah bisa tiba di Kalimati. Kalimati tempat anda untuk gelar tenda. tempat terakhir yang diizinkan untuk dikunjungi saat mendaki oleh pihak TNBTS.


Jika merujuk pada peraturan TNBTS maka pendakian harus dihentikan di Kalimati. Namun tak lengkap rasanya jika tak mencapai puncak. Dari Kalimati menuju puncak butuh waktu 4-5 jam bahkan mungkin lebih. Upayakan anda mulai pendakian ke puncak dari pukul 01.00 dini hari, supaya dapat sunrise. Catatan anda harus meninggalkan puncak sebelum jam 10, sebaikanya jam 08.00 pagi anda sudah turun dari puncak. Jika anda berada tengah hari di puncak terancam kena gas beracun.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar