RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan ke :
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi Dasar
1.3 Mengidentifikasi benua-benua.
I.
Indikator Pembelajaran
Siswa dapat :
1. Mendeskripsikan batas-batas Benua
Afirka melalui peta
2. Mendeskripsikan beberapa ras di
Benua Afrika
3. Mendeskripsikan keadaan alam di
Benua Afrika
4. Membandingkan iklim negara-negara
Afrika
5. Mendeskripsikan kembali pembagian
wilayah negara-negara di Afrika dan ibukotanya
II.
Bahan
Ajar
- Buku BSE kelas VI KTSP
- Peta Dunia
- Peta Afrika
III.
Materi Pembelajaran
Benua Afrika
IV.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah.
- Tanya Jawab.
- Diskusi.
V.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengucapkan salam
-
Guru memimpin do’a bersama
-
Guru menjelasakan tujuan setelah
mengikuti kegiatan pembelajaran maka siswa akan memahami Benua Afrika. Pengetahuan
tersebut bermanfaat untuk menyelesaikan soal-soal di sekolah. Selain itu juga
bermanfaat saat berkunjung ke negara di berbagai
dunia.
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
F
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-
Mendeskripsikan dan menuliskan batas-batas Benua Afrika melalui peta.
-
Mendeskripsikan dan menuliskan beberapa ras di Benua Afrika.
-
Mendeskripsikan dan menuliskan keadaan alam di Benua Afrika.
-
Membandingkan dan menuliskan iklim negara-negara Afrika.
-
Mendeskripsikan dan menuliskan kembali pembagian wilayah negara-negara
di Afrika dan ibukotanya.
F
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F
memfasilitasi
siswa untuk meningkatkan daya pikir analisis.
F
memfasilitasi
siswa untuk berdiskusi dengan siswa yang lainnya.
F
memfasilitasi
siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar dengan
memberikan reward berupa poin.
F
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, :
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa.
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan.
|
60 menit
|
Kegiatan penutup
|
-
Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes.
-
Siswa
mengerjakan tes secara mandiri.
-
Guru memberikan motivasi pada siswa untuk terus
meningkatkan prestasi belajar.
-
Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam.
|
15
menit
|
VI.
Penilaian
Soal tes.
(1)
Tuliskan empat negara Afrika yang dilalui garis khatulistiwa!
(2)
Batas sebelah utara Benua Afrika adalah ….
(3)
Tuliskan negara yang dilalui Sungai Nil!
(4)
Gurun terluas di Afrika adalah ….
(5) Tuliskan negara-negara di Afrika
Utara!
............, ......................20 ...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mapel IPS
.................................. ..................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar