RPP kelas 6 IPS Benua Afrika

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :  
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / I
Alokasi Waktu             :   2 x 40 menit
Pertemuan ke              :  
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan  keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi Dasar
1.3  Mengidentifikasi benua-benua.

I.                   Indikator  Pembelajaran
Siswa dapat :
1.    Mendeskripsikan batas-batas Benua Afirka melalui peta
2.    Mendeskripsikan beberapa ras di Benua Afrika
3.    Mendeskripsikan keadaan alam di Benua Afrika
4.    Membandingkan iklim negara-negara Afrika
5.    Mendeskripsikan kembali pembagian wilayah negara-negara di Afrika dan ibukotanya

II.                Bahan Ajar
-    Buku BSE kelas VI KTSP
-    Peta Dunia
-    Peta Afrika

III.             Materi Pembelajaran
            Benua Afrika

IV.             Metode Pembelajaran
-    Ceramah.
-    Tanya Jawab.
-    Diskusi.


V.                Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
-   Guru mengucapkan salam
-    Guru memimpin do’a bersama
-    Guru menjelasakan tujuan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran maka siswa akan memahami Benua Afrika. Pengetahuan tersebut bermanfaat untuk menyelesaikan soal-soal di sekolah. Selain itu juga bermanfaat saat berkunjung ke negara di berbagai dunia.
5 menit



Kegiatan inti
F Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-      Mendeskripsikan dan menuliskan batas-batas Benua Afrika melalui peta.
-      Mendeskripsikan dan menuliskan beberapa ras di Benua Afrika.
-      Mendeskripsikan dan menuliskan keadaan alam di Benua Afrika.
-      Membandingkan dan menuliskan iklim negara-negara Afrika.
-      Mendeskripsikan dan menuliskan kembali pembagian wilayah negara-negara di Afrika dan ibukotanya.

F Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F memfasilitasi siswa untuk meningkatkan daya pikir analisis.
F memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dengan siswa yang lainnya.
F memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar dengan memberikan reward berupa poin.
F Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

60 menit



Kegiatan penutup
-   Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes.
-   Siswa mengerjakan tes  secara mandiri.
-   Guru memberikan motivasi pada siswa untuk terus meningkatkan prestasi belajar.
-   Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam.
15    menit


VI.             Penilaian
Soal tes.
(1)   Tuliskan empat negara Afrika yang dilalui garis khatulistiwa!
(2)   Batas sebelah utara Benua Afrika adalah ….
(3)   Tuliskan negara yang dilalui Sungai Nil!
(4)   Gurun terluas di Afrika adalah ….
(5)   Tuliskan negara-negara di Afrika Utara!
                                                                                       


                                                                                        ............, ......................20 ...
         Mengetahui,                                                                             
         Kepala Sekolah                                                    Guru Mapel IPS


          ..................................                                            ..................................


Tidak ada komentar:

Posting Komentar