RPP IPS kelas 6 semester 1

RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan perangkat penting bagi seorang guru untuk menjalankan tugasnya di kelas. Pada dasarnya RPP adalah hasil penjabaran dari silabus sesuai kurikulum yang digunakan. RPP berfungsi sebagai pedoman pelaksanaan pemebelajaran di kelas yang berlaku untuk satu pertemuan di satu kelas. Jadi RPP diperlukan oleh seorang guru saat mau mengajar di suatu kelas.
                Seorang guru professional bertanggung jawab menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi rencana pemebelajaran. Sehingga guru mempunyai tujuan yang jelas serta indikator yang rinci tentang kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa setelah mengikuti pembelajaran. RPP memang merupakan perangkat administrasi namun tidak sebatas pada fungsi administrasi pelaksanaan kegaiatn pemebelajaran, lebih dari itu RPP diharapakan memberikan ruh dalam gaya belajar sehingga memberikan makna dan manfaat yang besar baik bagi guru maupun siswa.

                Penyusunan RPP bisa dengan mudah dilakukan namun tentu saja memerlukan kesabaran dan ketelitian agar RPP yang dibuat bisa berkualitas tinggi sesuai harapan kurikulum dan tujuan pendidikan secara nasional. Pada hakekatnya RPP layaknya strategi untuk mencerdaskan bangsa mulai dari kelas.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah             :  
Mata Pelajaran            :   Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester          :   VI / I
Alokasi Waktu             :   2 x 40 menit
Pertemuan ke              :  
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia kenampakan alam dan  keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi Dasar
1.3  Mengidentifikasi benua-benua.

I.                   Indikator  Pembelajaran
Siswa dapat :
-      Menyebutkan 5 benua di dunia
-      Menyebutkan 4 samudera di dunia
-      Mendeskripsikan beberapa negara besar di dunia (Tiongkok, India, Perancis, Mesir, dan Amerika Serikat) beserta ciri khas yang dimilikinya
-      Mendeskripsikan jenis-jenis kenampakan alam terkenal dunia
-      Mendeskripsikan jenis-jenis kenampakan buatan terkenal dunia

II.                Bahan Ajar
-    Buku BSE kelas VI KTSP
-    Peta Dunia

III.             Materi Pembelajaran
            Ciri-ciri kenampakan alam dunia

IV.             Metode Pembelajaran
-    Ceramah.
-    Tanya Jawab.
-    Diskusi.


V.                Langkah-Langkah Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Pendahuluan
-   Guru mengucapkan salam
-    Guru memimpin do’a bersama
-    Guru menjelaskan tujuan setelah mengikuti kegiatan pembelajaran maka siswa akan memahami ciri kenampakan alam dunia. Pengetahuan tersebut bermanfaat untuk menyelesaikan soal-soal di sekolah. Selain itu juga bermanfaat saat berkunjung ke negara di berbagai dunia.
5 menit



Kegiatan inti
F Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
-      Menyebutkan dan menuliskan 5 benua di dunia
-      Menyebutkan dan menuliskan 4 samudera di dunia
-      Mendeskripsikan dan membuat tabel beberapa negara besar di dunia (Tiongkok, India, Perancis, Mesir, dan Amerika Serikat) beserta ciri khas yang dimilikinya
-      Mendeskripsikan dan menuliskan  jenis-jenis kenampakan alam terkenal dunia
-      Mendeskripsikan dan menuliskan jenis-jenis kenampakan buatan terkenal dunia

F Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F memfasilitasi siswa untuk meningkatkan daya pikir analisis.
F memfasilitasi siswa untuk berdiskusi dengan siswa yang lainnya.
F memfasilitasi siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar dengan memberikan reward berupa poin.
F Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, :
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan.

60 menit



Kegiatan penutup
-   Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes.
-   Siswa mengerjakan tes  secara mandiri.
-   Guru memberikan motivasi pada siswa untuk terus meningkatkan prestasi belajar.
-   Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam.
15    menit


VI.             Penilaian
Soal tes.
(1)   Tuliskan 5 benua sesuai urutan dari yang paling luas!
(2)   Tuliskan 4 samudera di dunia!
(3)   Tuliskan keajaiban dunia yang terdapat di Tiongkok!
(4)   Tuliskan puncak tertinggi di dunia!
(5)   Tuliskan julukan Amerika Serikat!
                                                                                        ............, ......................20 ...
         Mengetahui,                                                                             
         Kepala Sekolah                                                    Pengajar Mapel IPS



          ..................................                                            ..................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar