RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) merupakan perangkat penting bagi seorang
guru untuk menjalankan tugasnya di kelas. Pada dasarnya RPP adalah hasil
penjabaran dari silabus sesuai kurikulum yang digunakan. RPP berfungsi sebagai
pedoman pelaksanaan pemebelajaran di kelas yang berlaku untuk satu pertemuan di
satu kelas. Jadi RPP diperlukan oleh seorang guru saat mau mengajar di suatu
kelas.
Seorang
guru professional bertanggung jawab menyusun, melaksanakan, dan mengevaluasi
rencana pemebelajaran. Sehingga guru mempunyai tujuan yang jelas serta indikator
yang rinci tentang kompetensi apa yang diharapkan dimiliki siswa setelah
mengikuti pembelajaran. RPP memang merupakan perangkat administrasi namun tidak
sebatas pada fungsi administrasi pelaksanaan kegaiatn pemebelajaran, lebih dari
itu RPP diharapakan memberikan ruh dalam gaya belajar sehingga memberikan makna
dan manfaat yang besar baik bagi guru maupun siswa.
Penyusunan
RPP bisa dengan mudah dilakukan namun tentu saja memerlukan kesabaran dan
ketelitian agar RPP yang dibuat bisa berkualitas tinggi sesuai harapan
kurikulum dan tujuan pendidikan secara nasional. Pada hakekatnya RPP layaknya
strategi untuk mencerdaskan bangsa mulai dari kelas.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas / Semester : VI / I
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit
Pertemuan ke :
Standar Kompetensi
1. Memahami perkembangan wilayah Indonesia
kenampakan alam dan keadaan sosial Negara-negara di Asia Tenggara serta benua-benua.
Kompetensi Dasar
1.3 Mengidentifikasi benua-benua.
I.
Indikator Pembelajaran
Siswa dapat :
- Menyebutkan 5 benua di dunia
- Menyebutkan 4 samudera di dunia
- Mendeskripsikan beberapa negara
besar di dunia (Tiongkok, India, Perancis, Mesir, dan
Amerika Serikat) beserta ciri khas yang dimilikinya
- Mendeskripsikan jenis-jenis
kenampakan alam terkenal dunia
- Mendeskripsikan jenis-jenis
kenampakan buatan terkenal dunia
II.
Bahan
Ajar
- Buku BSE kelas VI KTSP
- Peta Dunia
III.
Materi Pembelajaran
Ciri-ciri
kenampakan alam dunia
IV.
Metode
Pembelajaran
- Ceramah.
- Tanya Jawab.
- Diskusi.
V.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
|
Deskripsi Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
-
Guru mengucapkan salam
-
Guru memimpin do’a bersama
-
Guru
menjelaskan tujuan setelah mengikuti kegiatan
pembelajaran maka siswa akan memahami ciri kenampakan alam dunia. Pengetahuan
tersebut bermanfaat untuk menyelesaikan soal-soal di sekolah. Selain itu juga
bermanfaat saat berkunjung ke negara di berbagai
dunia.
|
5 menit
|
Kegiatan inti
|
F
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
- Menyebutkan dan menuliskan 5
benua di dunia
- Menyebutkan dan menuliskan 4
samudera di dunia
- Mendeskripsikan dan membuat
tabel beberapa negara besar di dunia (Tiongkok, India, Perancis, Mesir, dan Amerika Serikat) beserta ciri
khas yang dimilikinya
- Mendeskripsikan dan
menuliskan jenis-jenis kenampakan alam
terkenal dunia
- Mendeskripsikan dan menuliskan
jenis-jenis kenampakan buatan terkenal dunia
F
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru :
F
memfasilitasi
siswa untuk meningkatkan daya pikir analisis.
F
memfasilitasi
siswa untuk berdiskusi dengan siswa yang lainnya.
F
memfasilitasi
siswa berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar dengan
memberikan reward berupa poin.
F
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi, :
F
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diketahui siswa.
F
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan
kesalahan pemahaman, memberikan penguatan
dan penyimpulan.
|
60 menit
|
Kegiatan penutup
|
-
Guru melakukan evaluasi dengan memberikan tes.
-
Siswa
mengerjakan tes secara mandiri.
- Guru memberikan motivasi pada siswa untuk terus meningkatkan prestasi belajar.
- Guru menutup pembelajaran dan mengucapkan salam.
|
15
menit
|
VI.
Penilaian
Soal tes.
(1)
Tuliskan 5 benua sesuai urutan dari yang paling luas!
(2)
Tuliskan 4 samudera di dunia!
(3)
Tuliskan keajaiban dunia yang terdapat di Tiongkok!
(4)
Tuliskan puncak tertinggi di dunia!
(5) Tuliskan julukan Amerika Serikat!
............, ......................20 ...
Mengetahui,
Kepala Sekolah Pengajar Mapel IPS
.................................. ..................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar